Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Pesan

Kira-kira apa yang dirasakan ketika si-pengirim berkali-kali mengirim pesan namun tak sampai pada si-penerima? Marah, gundah, penasaran hingga benci dengan segala turunannya akan terjadi?

Si-pengirim mengirim pesan namun hanya numpang lewat. Dia hanya menunggu penuh harap kiranya ada balasan. Namun tak pernah ada notifikasi read atau centang apalagi dibaca seksama.

Berkali-kali pesan yang disampaikan lewat SMS atau Surat dan e-mail dan media lainnya tapi tak berbalas. 

Rachel Platten dalam lagunya 1000 ships menggambarkan menunggu balasan pesan seperti ini:
...So keep your eyes set on the horizon
On the line where blue meets blue
And I would let that silver lining
Where I know it'd find you soon

Lagunya ceria,menandakan sang biduan mencoba meyakinkan diri dan berjiwa besar bahwa Pesannya akan sampai sekalipun ribuan pesan terkirim. Ini hanya persoalan waktu.

Tentang pesan. Orang selalu mengandalkan sebagai media bertukar informasi melalui media online atau offline ketika wajah dan wajah tidak bertemu.

Google translator mengartikan pesan sebagai a verbal, written, or recorded communication sent to or left for a recipient who cannot be contacted directly. Sebuah ujaran, tulisan, atau rekaman komunikasi dikirim atau disimpan kepada si penerima yang tidak dilakukan secara langsung. Kamus online Dictionary.com menambahkannya dengan kata signal. a communication passed or sent by speech, in writing, by signals, etc.

Singkatnya, pesan itu termediasi, ada media sebagai pengatar. Entah, surat, suara dan ujaran yang terekam (pesan suara).

Rachel mengirim pesan bertubi-tubi:
Because I have sailed a 1000 ships to you
But my messages don't seem to make it through.
Itulah mengapa pesan selalu tersimpan, terekam, tercatat dalam surat dan rekaman. 

Mungkin ada yang pernah mengalami, Pesan yang terkirim tidak pernah dibalas atau malah tidak terbaca.Seperti Saya ketika mengirim email kepada Professor Universitas di luar negeri namun tidak penah ada balasan. ingin rasanya berkata: sakitnya tuh di sini (sambil menunjuk tembok :D). Ini soal waktu saja bukan?
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...