Sunday, December 8, 2013

Susahnya membimbing mahasiswa

Mengajar di universitas swasta bukan hanya soal keterbatasan sumber dana tapi juga soal sumber daya manusia dalam hal ini mahasiswa.

Dan itu yang terjadi ketika saya mengajar dan membimbing mahasiswa yang di kampus swasta. Kendala demi kendala dihadapi mulai dari memotivasi mahasiswa untuk rajin membaca sampai pembimbingan karya ilmiah (skripsi).

Setelah membimbing beberapa mahasiswa menulis skripsi maka dapat saya simpulkan mahasiswa di kampus swasta lebih banyak mengambil 'jalan pintas'. Skripsi mereka dibuat oleh orang lain sehingga saat pembimbingan mereka tak mampu mempertanggungjawabkan hasil karya tulis mereka.

Inilah realita di kampus-kampus swasta dan tak heran jika budaya akademik di kampus swasta tidak terbangun dengan baik. Ini hanya berkisah tentang mahasiswa belum termasuk dosen dan sistem yang lain.

Jika seperti ini maka yang harus dilakukan adalah merubah pelan-pelan sambil tak boleh banyak berharap bahwa itu akan mujarab.

Dan saya teringat oleh pesan dosen senior. Dia berkata jangan berharap banyak di universitas swasta. Sebuah ungkapan keputusasaan atau pesan pesimistik saya pikir.

Jalan masih panjang ada masa ketika semua itu bisa berubah. Dan saya tahu itu butuh waktu dan pikiran jernih.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...