Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. email:pattahindi@gmail.com

Status

#Aku update status maka Aku ada

Di zaman modern ini dengan media informasi teknologi sebagai penopangnya, eksistensi seseorang bisa terlihat dengan mudahnya. Di jejaring sosial sebut saja FB, YM, sampe ‘mainan’ baru Twitter menjadi cara orang eksis. Dalam sekejap status memenuhi lini masa. Tumpah ruah dengan segala macam persoalan bahkan sampe ke wilayah privat. Ada yang meng-update status dengan polosnya “@pantai bersama kekasih hati”, ada juga yang sedang di mal menulis “mumpung lagi di mal, beli pakean bermerek ah” ada juga yang sedang galau menulis seperti ini “lagi galau, butuh teman curhat” dan beragam permasalahan dengan sekejap bisa menjadi konsumsi publik.

Status yang seharusnya menjadi wilayah privat kini harus dicurahkan biar menjadi milik publik. Dulu, dulu sekali orang malu jika informasi yang bersifat rahasia itu diketaui publik namun kini lebih seru apabila menjadi konsumsi orang banyak. 

Tapi sebagian orang tidak mengira bahwa data-data yang telah terlulis dalam lini masa terekam dalam sebuah server besar. Jangan heran segala aktifitas yang terjadi beberapa tahun silam bisa ‘dipanggil’ kembali dalam hitungan beberapa menit saja. Orang tidak mengira data-data yang telah dipublish akan hilang begitu saja padahal sebenarnya tidak.

Manusia sekarang memang sedang dihingggapi dengan status, homo statusian-manusia dengan status. orang ingin lebih dikatakan hebat, atau gaul ketika mampu mengupdate status setiap jam, menit bahkan detik. Dan status menjadi ajang pamer diri. Status terenti di lini masa. Dan malangnya, media informasi (jejaring sosial) tahu sisi kekurangan manusia ini dengan memanfaatkan celah dilema manusia. status sudah memenjarakan orang. Rasanya lain atau ada yang kurang ketika tak mengupdate status. Agaknya tulisan Sindhunata, Dilema Usaha Manusia Rasional bisa menjadi renungan bersama bahwa dilema sedang melanda manusia rasional.

Aku mengupdate status maka Aku Ada...
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga untuk sahabat yang berkenan menuliskan komentar kritisnya...salam bahagia