Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Ramadan yang tak ideal

Puasa dilakukan oleh orang yang bertaqwa karena umat sebelumnya telah melakukannya sebagai bagian mendekatkan diri pada Allah. sebagaimana dalam Surah Al-Baqarah, 2: 183 Allah berfirman “wahai-orang-orang beriman! Puasa telah ditetapkan kepada kalian—seperti yang telah ditetapkan kepada mereka sebelum kalian, agar kalian beraqwa.

Puasa kali ini kembali memasuki 1 Ramadan di tengah versi yang tidak ideal; Muhammadiyah melaksanakan puasa di Jumat dan Nahdatul Ulama dan pemerintah melaksanakan Sabtu. Penetapan 1 Ramadan ini telah beberapa kali mengalami perbedaan dan cukup menyita perhatian kaum muslimin di Indonesia.

Beragam komentar di microblogging semacam Facebook, twitter dan lain-lain menandakan bahwa 1 Ramadan selalu bisa membuat bingung. beragam komentar itu telah memperlihatkan secara nyata keresahan-keresahan dari sebagian mereka dipercayakan 'mewakili' ummat. setahu saya, penyatuan 1 Ramadan adalah selalu mengundang perdebatan di Indonesia dan sangat alot. rapat isbat memperlihatkan itu.

Penyatuan puasa bersama memang tidak mudah. Terbukti dengan tidak hadirnya salah satu ormas besar Islam di Indonesia, Muhammadiyah di sidang isbat yang dilaksanakan di kantor kementrian agama. Walau dalam ungkapan para Ulama bahwa perbedaan adalah rahmat namun selalu saja perbedaan itu meresahkan. Padahal Rasulullah dengan mudahnya menentukan kapan mulai berpuasa kapan tidak. idealnya, kemajuan tekhnologi memudahkan itu namun toh perbedaan tidak bisa disatukan. Muhammadiyah menggunakan sistem hisab yaitu perhitungan dengan matematika astronomi, sedang Nahdatul Ulama berpijak pada Rukyat dengan menggunakan Bulan di 2 derajat sebagai tanda masuknya Ramadan.

Terlepas dari perbedaan ini, puasa bagi saya mengingatkan kita kembali tentang pentingnya mendekatkan diri pada hal yang transenden: TUHAN.

Jumat atau Sabtu tiada beda. Selamat ber-ramadan 1433 H. Maaf Lahir Batin.

Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...