Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Langkah kecil (berburu beasiswa)

--setelah melintas pulau cobalah Benua

Petikan itu masih terngiang sampai hari ini. saya mengutipnya dari salah satu pemimpi. orang itu bernama Yusran Darmawan senior di kampus Unhas dan inspirasi bagi saya dalam menulis dan tentu banyak yang lain dipengaruhinya. Orang itu telah menginjakkan kakinya di negeri paman Sam tempat sebagian orang melabuhkan mimpinya dalam bersekolah. Ya. Amerika adalah impian.

Namun saya tak harus ke Amerika (karena mustahil) dan tentu saya pun bisa mengarahkan peta harapan saya ke benua lain: Australia (sekarang bagian zona Asia) atau Eropa jika itu juga memungkinkan. Jika Eropa kemana mimpi itu? Belanda dan Jerman. Itu saja.

Mencari informasi beasiswa akhirnya dimulai dan nemu blog yang begitu lengkap menyajikan informasi beasiswa (khususnya Australia) dan itu ternyata dosen UGM juga yang mengambil PhD di bidang teknik. Orang baik itu Pak I Made Andi Arsana, saya lebih suka menyebutnya Bli Andi. Saya pun sok mengakrabkan diri berhubung saya menjadi bagian almamater UGM sehingga ada password biar lebih muda :). saya yakint tanpa embel-embel itu pun Bli Andi tetap peduli. saya pun memperkenalkan diri seterusnya dan seterusnya. Sejak saat itu selang dua hari saya selalu menyempatkan berkunjung ke blognya untuk melihat informasi terbaru darinya.

Bermodal tips dan trik Bli Andi di blognya http://madeandi.com/ itu saya pun memberanikan diri menghubungi Profesor di Australia. Akhirnya gayung bersambut, Profesor Acciaioli merespon baik dengan tema riset saya. dan ia membalas e-mail dengan berbahasa Indonesia, begini katanya:

Dear Sdr. Asis,
Terima kasih atas emailmul. Tentu saja saya tertarik akan penelitianmu. Namun, saya belum mengerti apa yang diminta dari saya sekarang. Saudara minta lebih banyak bahan ttg sistem patron-klien (punngawa-sawi dsb.) di Sulsel atau bagaimana? Apakah saudara pernah membaca artikel saya ttg teori Bourdieu? Apakah saudara cari tempat untuk belajar untuk PhD? Saya bersedia membantu, tapi tolong terangkan dgn lebih mendetail apa yang perlu. Salamaki', Aco

Dan ia melanjutkan lagi dengan emailnya yang membuat saya kegirangan:

Dear Sdr. Hindi,
Tolong kirim proposal (dlm bhs. Inggeris) kepada Professor Victoria Burbank ( ) dan cc/ kepada saya juga. Dia kepala jurusan dan ketua dari Admissions Committee untuk jurusan. Dia akan kirim kepada saudara daftar dari semua bahan yang perlu untuk dievaluasi apakah kami di sini bisa membimbing Sdr. Hindi dan program penelitianmu. Tentu saja kalau Sdr. diterima oleh komiti ini saya bersedia menjadi coordinating supervisor dari penelitianmu untuk PhD. Semoga sukses! Salamaki', Aco

Saya pun membalasnya dengan bahasa singkat. Terima kasih Prof. Atas kebaikannya.

***

Saya senang sekaligus sesal. Betapa tidak peluang untuk ke luar negeri sudah di depan mata namun kendala bahasa (inggris) membuat saya ragu dan juga pesimis. Saya yang hanya memiliki skor toefl 480 (itupun institusi) dengan berani menghubungi seorang profesor. tapi itulah resiko seorang pejuang beasiswa. Mana mungkin saya akan tahu ditolak jika tak pernah mencoba, dan telah saya lakukan. Hasilnya saya belum tahu mengingat proposal belum saya kirim ke sang profesor.

Ternyata rintangan pertama dalam sekolah keluar negeri adalah bahasa. Dan saya baru merasakan itu ketika niatan sekolah keluar negeri mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Sekolah ke luar negeri tak ada yang mustahil.

Saya mulai mempersiapkan sebuah langkah kecil dari sekarang. Walau tak tahu seberapa banyak langkah untuk mencapai langkah besar. Ya, langkah besar dimulai dari langkah kecil. Hari ini di bulan Juli bertanggal 12 bertahun 2012. Jejak langkah sudah dimulai. Yakin Usaha Sampai...
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...