Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. email:pattahindi@gmail.com

Kabisat

TANGGAL 29 Februari 2011 (Rabu, hari ini) menjadi hari istimewa. Istimewa mengingat bulan ini adalah bulan di tahun kabisat di penaggalan Masehi. tanggal ini hanya muncul dalam empat atau delapan tahun (kompas/29/2012). jadi tahun 2012 adalah tahun kabisat.

Munculnya kalender Masehi sebagai penanda kelahiran Yesus yang diperkenalkan oleh Raja Romawi, Julius Caesar itu di tahun 46 sebelum Masehi yang biasa juga disebut kalender Julian. dalam penanggalan itu, satu tahun terdiri dari 365.25 hari yang kemudian dibulatkan menjadi 365 hari.

Mengutip kompas, sisa dari 0,25 hari itu kemudian dibulatkan lagi menjadi satu hari penuh yang ditambahkan di bulan Februari di tahun keempat. biasanya, bulan Februari hanya berjumlah 28 hari namun disetiap empat tahun menjadi 29 hari. penambahan satu hari ini kemudian membuat angka tahun yang habis dibagi empat disebut tahun kabisat atau tahun yang panjang karena memiliki hari 366 hari (29/02/2012).

tidak sampai beberapa jam lagi Bulan kabisat berlalu, jika umur masih panjang, kita bertemu di empat atau delapan tahun lagi...
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. ada yg spesial di tanggal 29 kmarin kanda? selain akhirnya kita bisa lalui untuk kesekian kalinya? hihi...

    ReplyDelete

Terimakasih yang tak terhingga untuk sahabat yang berkenan menuliskan komentar kritisnya...salam bahagia