Saturday, January 7, 2012

Semesta warna

--saat warna dan musik mengalunkan harmoni

Buku tentang penyembuhan? banyak sekali, tentang astrologi? dari dulu hingga sekarang sudah banyak hingga tak terhitung lagi jumlahnya. Tentang terapi apalagi? banyak di internet, sejak penjualan alat terapi beredar di tv atau MLM penjualan alat terapi pun semakin marak. Meskipun itu, tentu kita butuh membaca media penyembuhan yang lain--tentang warna atau musik misalnya.

Sebuah tulisan minimalis dengan judul "terapi musik dan Warna" yang diterjemahkan dari judul asli Healing with music and color dari penulisnya yang membenamkan diri menjadi terapis Mary Bassano memberi informasi berharga bahwa warna dan musik bisa menyembuhkan manusia dari energi-energi negatif.

Buku ini tidak berbeda jauh dengan "Rahasia Air" yang dikarang Mazaro Emoto, atau penyembuhan melalui yoga dan semacamnya. jika ada yang berbeda hanyalah cara penyajian, penulis merentangkan asal usul warna dan nada sampai cara penyembuhan sedetail mungkin. dibagian awal, asal mula nada dan warna dihadirkan, bagaimana bisa penciptaan alam semesta berhubungan dengan suara dan warna? penulisnya yang terapis itu menjelaskan bahwa alam dan kita itu sama, satu. Penciptaan jagad raya melalu dentuman bunyi (nada) kemudian mencipta warna semua saling berkelindan. berabad-abad lamanya suara dan warna akhinya menghiasi planet kita hingga sekarang. warna planet kita hijau, Mars yang kemerahan, Venus berwarna putih. atau kita mungkin masih ingat bagemana musik dicipta di film August Rush?. Ilham kadang datang dengan memanfaatkan harmoni alam. cerita composer besar Mozart, Bethoven hingga Kitaro memanfaatkan alam semesta sebagai medium.

Bagemana dengan warna? di buku ini menyaji tujuh warna sinergetik yang memberi manfaat, coba kita simak (saya hanya mengambil dua warna):

Merah
Nada: C
Cakra: Akar (pangkal tulang belakang)
karakteristik;kekuatan fisik, kepemimpinan, kemandirian,
Penanggulangan: Anemia, sirkulasi yang buruk, kekuarangan energi

saya sebutkan warna lagi yang lain;

Ungu
Nada: B
kelenjar: pineal
tubuh ragawi dan tubuh halus: Bersifat Ketuhanan
Karakteristik: dedikasi, mengabaikan diri sendiri demi membantu orang lain, peduli hal-hal yang berkaitan dengan Tuhan
Penanggulanga: rasa tidak berguna, kekurangan motivasi, sejumlah penyakit mental dan rasa takut (hal.17)

Segala sesuatunya di alam ini merespon cahaya dan nada juga suara termasuk tumbuhan dan hewan.

Bagian terakhir di buku ini kita diajak mengenal astrologi warna. saya mengutipkan sesuai warna kesukaan saya: PUTIH. Bassano memberi pandangan penyuka putih cenderung menandakan sikap cermat, kritis, dan bersunggu-sungguh. dalam kebudayaan Mesir kuno putih melambangkan kemurnian, sifat feminin dan Bulan, berlawanan dengan merah yang maskulin. (hal 172).

kekurangan buku ini kita rasa seperti membaca buku-buku kesehatan atau astrologi. seperti halnya membaca resep kita selalu patuh pada aturan. namun sisi kesederhanaan buku ini nampak pada penulisnya tidak jlimet menarasikan nada dan warna dalam metode penyembuhan.

dibalik sisi kelebihan dan kekurangan buku ini, akhirnya sampai pada kesimpulan awal bahwa semesta musik dan warna bisa memberi kesembuhan bagi kehidupan kita.

Share:

4 comments:

  1. Seperti biasa bacaan kak patta beraaaaaat --"

    Well agak OOt sedikit kak. itu foto fesbuk yg di sidebar sebelah kanan, walau cuman tumbnail kecil kereeeeeen kak. sisi melankolismu memang selalu menonjol di beberapa fotomu, termasuk foto rombongan. ahahahha *okey, sotoy akuuut*

    ReplyDelete
  2. tidak syam, itu foto lain dunia di Bromo...:). gimana kabar syam? foto2nya semakin bagus saja...harus belajar sama syam...*memohon

    ReplyDelete
  3. Syam baik kak, alhamdulillah sehat walau cuaca agak tidak bersahabat. kak patta apa kabar? nd ada rencana ke Makassarkah? hahahaha...

    tentang foto, hahaha. seandainya kita lihat settingan kameraku saat sy menjepret "AUTO" saya sering di ketawai sm teman-teman master. katanya sy sok pake DSLR tapi gak ngerti pegang alat. but, whatever!!!

    salah tempat kalau mau belajar sm saya :)

    ReplyDelete
  4. ahaahha...rencana ke makassar belum. nanti kalo ksana pasti saya belajar, kalo saya pegang SLR settingan auto memang jadi andalan dan yang hukum segi tiga itu...:D

    ReplyDelete

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...