Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Perempuan

--seolah-olah tahu dunia perempuan

Misteri dalam jagad raya bagi fisikawan besar abad ini tidak hanya lubang hitam atau misteri pengetahuan ilmiah tapi lebih dari itu; semesta perempuan.

Bagi Stephen Hawking misteri terbesar datang dari mahluk perempuan, "perempuan. mereka adalah misteri" kata Hawking saat perayaan ulang tahunnya ke-70 (media indonesia.com). Di usianya yang telah menginjak 70 tahun itu Hawking masih saja dihantui kemisterian jagad perempuan melebihi misteri lubang hitam yang telah membesarkan namanya di panggung sains.

Hawking boleh saja memecahkan misteri lubang hitam (black hole) di semesta raya ini 9yang juga menjadi misteri bagi Einstein) tapi sulit baginya memecahkan teka-teki misteri kehidupan perempuan. saya pun teringat kicauan Sujiwo Tedjo dengan mengutip Rendra, ia berkata "Wanita bagai belut, meski telah kau kenali segala lekuk liku tubuhnya, sukmanya selalu luput dari genggaman".

perempuan terlalu sulit diterka, sukmanya selalu melayang-layang lepas walau ia terkurung dalam sangkar besi. ia selalu lepas dalam genggaman.

Aristoteles bilang perempuan adalah mahluk yang tak sempurna. tapi bagi saya, ini terlalu mendefenisikan perempuan, jika kita menganggap perempuan seolah-olah liyan (other). Bagi saya hanya perempuanlah yang mengerti dunia perempuan. kemisteriannya hanya bisa terjawab oleh perempuan itu sendiri.

ini tentu masih bisa diperdebatkan...
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. perempuan memang sukar diterka kak, bahkan oleh diri mereka sendiri. perempuan hanya butuh dimengerti, didengarkan dan diperhatikan. itu saja... hehehhe

    dalam rangka apa ini menulis tentang perempuan?

    ReplyDelete
  2. pas baca media indonesia yang peringatan 70 tahun Hawking, ternyata misteri alam menurutnya yang tersulit ada pada perempuan...:)

    benar katata syam, butuh dimengerti didengarkan dan diperhatikan. :)

    saran yang bagus untuk saya kedepannya mengenal perempuan...

    salam hangat

    ReplyDelete

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...