Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Angka Nol

foto : koleksi pribadi jogjaART2011

Nol beda dengan angka yang lain, dia tidak seistimewa 7, 8, 9 atau 1. dia bukan nomer cantik, dia juga tidak bisa berdiri sendiri. kalo pun bisa, ia transenden, melukiskan yang kosong atau tak bermakna (walau kita tahu semua angka punya makna). ia pun liyan (other).

Jika punya kendaraan, handphone baru sebagian orang selalu mencari nomer cantik dan nol menjadi alternatif terakhir. sebagai contoh plat keluarga saya yang lebih memilih angka 41 platnya bernomer lengkap *DD 41 RA* (yang tak lain nama AIRA #nama yang cantik), ada juga angka yang lain, 999 atau 212 (kita pasti ingat Wiro Sableng). Tak ada yang berani pasang angka 000, kalopun ada sisipan ada hanya sebagai pelengkap, maka ia akan dibantu dengan angka yang lain, 101, 1000, 0404, dst.

Ada juga ungkapan tanpa lupa embel-embel nol. Orang kadang berkata "nol besar" atau "juara nol", tak lain sebagai sesuatu yang sia-sia. tak bernilai apa-apa.

Di China angka mujur itu ada di angka, 8. Di tempat lain angka 9 angka favorit. mengingat sebagian orang 9 adalah angka tertinggi.

Putu Setia di kolom cari angin tempo membilang angka :
Nol bukan angka, ini terdapat dalam berbagai keyakinan. Berapa pun besar bilangan itu, kalau dikalikan 0 akan hilang, karena 0 adalah kosong, sesuatu yang tak terbayangkan. Nol adalah "angka Tuhan", misteri kekosongan yang tak terjangkau oleh pikiran manusia. Adapun angka 1 tak pernah disebut mujur, baik berdiri sendiri maupun berderet-deret, karena (bilangan) apa pun yang dikalikan 1, hasilnya tak pernah bertambah.
trend skarang dalam momentum 2011 ini identik dengan 1, perhatikan, 11-11-11, orang beramai ramai update status, momen kelahiran, dan bahkan pernikahan dilangsungkan di angka yang-katanya-cantik itu.

Angka hanyalah nomer, walau ia adalah penanda. kelahiran, ulang tahun dan memori indah selalu berhubungan dengan angka-angka.tak ada yang lepas dari angka.

Tapi nol adalah pengecualian, tak bisa otonom. dia rapuh dia harus di dampingi dengan angka yang lain. angka 10 akan bermakna jika nol bersanding dengan 1. misalnya pemain sepakbola dengan nomer punggung 10. dia merepsentasikan sebuah persona. pemain sepak bola klub Barcelona Leonel Messi hanyalah contoh kecil dari kejaiban angka yang disematkan.

Nol bukan tanpa makna, di komputer hanya mengenal angka 1 dan 0. 1 mereprsentasi listik sedangkan 0 tidak memiliki listrik (tegangan) yang kemudian dikenal dengan bahasa pemrograman.

Nol yang liyan itu berbentuk lingkaran adalah siklus hidup, roda yang terus berputar. tetap akan seperti adanya. hadir dan melengkapi deret bilangan.
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

4 comments:

  1. Sangat suka dengan paragraf terakhirnya...

    ReplyDelete
  2. ehehe...lingkaran seperti lagunya padi...:) gimana kabar makassar?

    ReplyDelete
  3. Makassar tetap tidak kasar kak, kadang media terlalu menyorot suddenly case saja kemudian menambah2kan dan menghubung2kan. Nah lo?! Hahahaha...

    Tapi yg paling menyebalkan karena Makassar belum juga hujan... dari langit masih sebatas gertakanji, guntur dan gumpalan awan. tanpa air! Aihhh apaji :p

    ReplyDelete
  4. disini hujan...asal orang2 di Makassar. tidak hujan hatinya..(gak nyambung) :)

    ada saatnya hujan. tunggu saja, kondensasi butuh waktu

    ReplyDelete

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...