Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Ramadhan di Kampus

Sore itu terlihat ramai. Orang-orang menyemut. Dari mesjid kampus hingga menuju fakultas filsafat UGM berjejer makanan aneka warna dan rasa. Menjelang ifthor (berbuka), setiap ramadhan selalu seperti itu.

Selama puasa, lebih-lebih berbuka, banyak orang menyempatkan meramaikan sekitar ruas jalan kampus ini. Aneka makanan yang dijual mahasiswa atau masyarakat umum membanjiri bahu jalan. Kadang berdesak-desakan dan mengantri untuk mengisi perut yang kosong setelah menahan lapar dan dahaga selama beberapa jam.

Menikmati menu buka puasa seperti ini membuat perasaan damai. Paling tidak, meramaikan hati mahasiswa yang merantau. yang tidak berkumpul sanak saudara.

dengan acara ramadhan on campus, seperti berpuasa dirumah sendiri” tentu, suasana akrab dirasakan pengunjung itu adalah perasaan bersama. Larut dalam ramai yang sejenak melupakan kampung halaman. Ruang seperti ini banyak tersedia bagi orang-orang yang tidak ber-ramadhan bersama keluarga. Tempat itu menjadi hiburan sekaligus, merasa 'di rumah sendiri'. Ramai berkumpul.

Mengingat pengunjung di tempat itu adalah mahasiswa, tentunya mencari takjil (menu buka) sesuai dengan kondisi keuangan pula. Ada alasan lain pasti orang berkunjung di tempat itu, ada yang menikmati berbuka bersama pasangan. Larut dalam romantisme di bulan ramadhan.

***

Berpuasa bersama seperti ramadhan on campus itu menjadi ruang bernostalgia-ramadhan bersama-walau dalam waktu sesaat. Setelah berbuka, mungkin mereka merasa sepi lagi dan berusaha mengenang masa-masa ber-puasa bersama keluarga mereka. Seperti inilah berpuasa. Ada saat bersama, berkumpul dengan orang-orang tercinta. Ada juga saatnya untuk berpisah jauh, atau tidak lagi berpuasa bersama selama-lamanya.

-saat ramadhan 2011 di kampus ugm. saat-saat mengingat tempat yang jauh, dimana seharusnya berkumpul bersama, berpuasa dan berbuka bersama.

Yogya, 060811


Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...