Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Kiriman Pelangi

Di ujung horizon, lintas warna-warni melengkung membentuk setengah lingkar. saya membayangkan larut dalam sketsa goresan tangan dari sahabat saya itu. sederhana tapi penuh makna.

saya membayangkan konsep awal pembuatan sketsa buatan tangannya. dimulai dari ide, kemudian diabtraksikan dan diakhirinya menjadi sketsa. atau dikonkritkan dahulu tanpa ada ide memilih konsep pelangi ? tak mungkin, sesuatu harus dimulai dari ide. dan saya anggap begitu saja. ia memilih ide pelangi pelangi terlebih dahulu.

saya akan melukiskan konsep awal dari sketsa itu perlahan-lahan.

ia merajut dengan tangan sendiri, memilih dasar biru memanjang seperti laut biru tanpa tepi. entah apa ia memilih warna biru ? (biru kadang diasosiasikan dengan kedamaian.), tapi pemilihan warna yang ia gunakan penuh dengan hati. mengapa ? karena pelangi akan terlihat cantik jika dilatari dengan langit biru. dan ia telah menyemai, menyulam dan merajut warna kedamaian itu. ia mungkin berfikir karena pelangi itu indah akibat perpaduan warna, merah, kuning, hijau, dan jingga. keragaman warnalah membuat pelangi itu memukau.

setelah hujan akan muncul pelangi, kata yang tak bisa saya lupakan dalam buku Marpaung, Setengah isi setengah kosong. dibalik kesusahan setelahnya menyimpan kebahagiaan. mungkinkah ia menghibur atau mencoba memberi tawa, dan atau memberikan bahu untuk bersandar sejenak dari lelah ?

sketsa itu dibuat dengan hati (hati). mencoba meyakinkan diri bahwa tidak ada celah sama skali. sesempurna mungkin. paling tidak dari sudut estetika bisa bilang cantik. dari sketsa itu, dibuatnya tali pengikat tempat menggantung. mungkin ia berifikir bahwa kemanapun saya pergi bawalah sketsa itu sebagai gantungan.

sketsa itu belum habis untuk ditafsir, karena sudut pandang semiotika memberi saya ruang untuk menafsirkan sketsa buatan tangannya itu. saya tak bertanya lagi pada dirinya tentang ide pelangi. suatu saat saya akan menafsirkannya. walaupun tafsiran akan memiliki makna lain. tapi cukuplah kiriman pelangi itu jadi tanda-tanda...

Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...