Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Tubuh Filsafat


Tubuh manusia mengandung unsur-unsur filsafat. dari bagian itu, sturuktur dibagi mulai dari kepala, perut hingga agian bawah manusia. tubuh filsafat dibagi menjadi 3 yang terdiri dari kepala yang diwakili oleh filsuf modern kelahiran 31 Maret 1596 - 11 Februari 1650. Rene Descartes, dengan diktum Cogito Ergo Sum, i think therefore i am, aku berfikir maka aku ada. Manusia sebagai subjek menggunakan rasio dalam melihat realitas. Dan tidak salah jika di kepala adalah unsur sentral ditempatkan pada pamikir pencerahan yang satu ini.

bagian kedua, ranah bagian tengah, pemenuhan akan kebutuhan hidup makan dan lain-lain kita tempatkan pada perut sebagai penyangga berfikir. Logika tanpa logistik juga hambar, begitu senior selalu berkata. Siapa yang pantas untuk ditempatkan disini ? tak lain dan tak bukan Filsuf Karl Marx, lahir di Trier, Jerman, 5 Mei 1818 – meninggal di London, 14 Maret 1883 pada umur 64 tahun. Menurutnya struktur menentukan suprastruktur. Sederhanyanya orang bisa berdoa jika basis dasar sudah terpenuhi. Marx pernah bilang jika perut kenyang maka dunia akan damai.

Bagian ketiga adalah dibawah pusar, terletak dipangkal paha. Istilah kesehatan menyebutnya alat/organ vital. Disini kita tempatkan salah satu filsuf dan tokoh psikoanalisis, Freud. 6 May 1856-23 September 1939. Beberapa teori yang terkenal adalah. oral, anal, dan phallic.

Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...