Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. e-mail: pattahindi@gmail.com

Delusi

Saya telah yakin tetang sejarah, kebenaran akhirnya relatif, sejarah yang dulu dianggap lurus kini tak lagi bisa diyakini secara haqqul yakiin. Yakin seyakin-yakinnya. Sejarah adalah produk pengarang kata Foucault suatu ketika. Sejarah adalah narasi yang dibangun oleh pengarang, oleh penutur yang memiliki kuasa pengetahuan.

Keyakininan hari ini tak memberi garansi akan sebuah kebenaran. Tapi apakah keyakinan yang salah benar-benar salah, seperti yang orang tua saya bilang “tangan kanan adalah paling baik dari tangan kiri” lantas buat apa ada tangan kiri ? jangan-jangan tangan kiri lebih baik dari tangan kanan. Ah, masa bodoh. Semua adalah kebaikan yang didalamnya mengandung keburukan. Berkelindan dalam diri manusia.
Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih yang tak terhingga atas komentarnya...