Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. email:pattahindi@gmail.com

Selamat Jalan Prof Nasikun

-Manusia meninggalkan karya.

Requiem aeternam.

Prof Nasikun. Bagi mahasiswa ilmu sosial khususnya mahasiswa Sosiologi nama tersebut jamak disebut. ilmuan sosial Indonesia itu paling dikutip-kutip. bukunya yang terkenal 'Sistem Sosial Indonesia' menjadi bacaan wajib mahasiswa sosiologi semester awal. tidak tebal tapi isinya menyarikan teori penting untuk sosiologi indonesia.

Dalam buku karya yang bersampul merah  (ada yang biru tua) mengemukakan teori struktural fungsional. toeri lama dalam sosiologi yang mungkin sekarang banyak yang mengkritik bahkan meninggalkannya. namun di dalam buku Nasikun teori fungsional seakan menjelaska  kondisi masyarakat Indonesia.

***

Saya meningat masa di tahun 2011 di gedung UC UGM saat perayaan ke 70 tahunnya. Nasikun sambil berkursi roda menikmati suasana perayaan ulang tahunnya yang dirangkai pengungerahan dedikasi dari pada murid dan koleganya.

saya tidak menyangka akan bertemu penulis Sistem Sosial Indonesia. kebersahajaan dan kecerdasan masih nampak di usia rentanya. setelah membaca bukunya bertahun tahun. baru Kali itu. dan ternyata itu menjadi pertemuan terakhir di tahun 2011 itu.

malam ini saya kehilangan sosok sederhana itu. Sosiologi Indonesia kehilangan satu orang terbaik.

Selamat jalan Prof

Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Post a Comment