Ayah dari seorang gadis kecil bernama Zahra Adeeva. Mengajar di Unismuh Kendari, Alumni UNHAS dan UGM. email:pattahindi@gmail.com

Ketika Miskin

Dulu, orang malu miskin, jadi orang susah. Saya tidak luput dari malu itu. Dulu, saya malu ketika di kelas sekolah dasar mengaku berasal dari keluarga miskin. Tidak berpunya dan tidak berharta (padahal sebenarnya miskin tapi malu mengaku). Apa yang akan terjadi ? dijauhi. Orang-orang kaya, yang berpunya, yang berduit akan mencari teman dengan latar belakang yang sama pula. Pragmatis tapi itu rasional. Tapi saya masih kecil memikirkan hal itu dulu.

Tapi kini hidup memang berubah seratus delapan puluh derajat. Masyarakat dan orang-orang tidak malu lagi mengaku miskin. liat saat pembagian zakat, sedekah dan lain sebagainya. Orang-orang yang sebenarnya mapan ekonomi masih mengharapkan pembagian juga, paling kasarnya merampas hak orang-orang miskin. Naudsubillah.

Lain tentang zakat, cerita pembagian beras miskin (raskin), orang mengaku miskin hanya untuk mendapatkan beberapa kilo beras. Padahal beras seperti itu adalah beras kualitas rendah. Hanya dikonsumsi masyarakat miskin. Bau dan rasanya memang tidak cocok di lidah orang kaya. Tapi mengapa orang ‘berada’ juga suka menitipkan nama di pak RT ato pak RW ? ini melihatkan bahwa kemiskinan tidak diliat lagi sebagai identitas. Tapi masalah kebutuhan. perjuangan siapa yang akan mendapatkan apa ? jika perlu menyikut lainnya. Kemiskinan tidak lagi soal ‘malu’ tetapi bagaimana ‘miskin’ itu diproduksi untuk mendapatkan keinginan.

hufft...capek juga jadi miskin. saya selalu dengar nasehat ustads, bahwa miskin juga ujian. saya ingin sekali menimpali kenapa orang miskin trus yang diuji ustads ? (tp saya tau, pertanyaan ini hanya cocok keluar dari anak kecil, lugu.)

--Tidak ada lagi malu. Saya hanya prihatin terhadap orang miskin yang diambil haknya. saat ramadhan, semoga bisa berbuat banyak. amin

Share on Google Plus

About Patta Hindi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Post a Comment